Kamis, 25 November 2010

Media, kenatian Dan Identitas Budaya Minoritas

melalui metode semiotik, buku ini menjelaskan bagaimana representasi indentitas budaya minoritas etnik tionghoa di tampilkan lewat iklan duka cita. meliputi representasi bidang ekonomi, sosial, budaya, dan agama. semua aspek tersebut dikaji dalam koridor perspektif komunikasi dan budaya.

berdasarkan hasil pengamatan terhadap iklan yang dimuat di Suara Merdeka, terbukti bahwa iklan duka cita telah digunakan untuk menyuarakan berbagai kepentingan. baik kepentingan etnik tiong hoa yang menggunakan iklan duka cita sebagai media untuk mempresentasikan eksistensi identitas budaya, maupun kepentingan pihak surat kabar sendiri yang memanfaatkan necrocultura untuk memodifikasi iklan duka cita sebagai sumber pendapatan.

kepentingan ekonomi menjadi bagian terpenting dari representasi identitas etnik tiong hoa dalam iklan duka cita. hal itu secara langsung dapat diamati dari penanda yang ditampilkan, misalnya branding produk dalam desain iklan, penyebutan nama - nama dan lokasi toko/ perusahaan, pencantuman logo, positioning produk, serta dampak kematian terhadap perubahan aktifitas bisnis mendiang atau keluarga yang di tinggalkan. representasi ekonomi ini secara paralel terlihat jelas seiring tingginya status ekonomi pengiklan. semakin banyak relasi bisnis atau perusahaan yang dimiliki mendiang atau keluarganya, maka ekspresi simbolik kehidupan ekonomi etnik tiong hoa semakin banyak di tampilkan.

proposisi lain dari representasi identitas budaya minoritas adalah signifikansi perubahan yang cukup nyata berkaitan dengan ekspresi kebudayaan tiong hoa yang diizinkan kembali setelah momentum reformasi 1998. kenyataan ini tampak dari fisualisasi iklan duka cita yang menampilkan tulisan - tulisan dengan huruf cina sebagai pernyataan simbolik atas pengakuan kembali eksistensi budaya etnik tiong hoa di indonesia.

buku ini penting dibaca oleh mahasiswa, dosen, peneliti, bahkan bagi orang tiong hoa itu sendiri, karna banyak mengungkap makna simbolik yang sebelumnya belum terungkap.

NB : Bagi anda yang ingin membaca Buku ini dan berniat untuk meminjamnya, untuk keperluan akademis ataupun keperluan lainnya,silahkan kunjungi :
Perpustakaan Rumah Sinema Dengan Alamat :
Jl Menur 18 Baciro Yogyakarta
Contac Person "Perpustakaan Rumah Sinema : Arief 085292730789"
Dan kami masih banyak menyediakan koleksi Buku dalam bidang Komunikasi dan Analisis Media lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar