Sabtu, 27 November 2010

Menyikap Profesionalisme Kinerja Surat Kabar Di Indonesia

Pada buku ini semua berjumlah dalam delapan bagian, yang semuanya membahas tentang profesionalisme kerja dari surat kabar yang ada di indonesia berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. 
Pada bab pertama dalam buku ini, akan mengupas landasan teoritik yang digunakan dalam riset dewan perss untuk melihat Performance media. Secara umum, pijakan teoritik yang digunakan dalam melihat kerja media didasarkan pada gagasan - gagasan Denis McQuail mengenai kinerja media dengan beberapa modifikasi.

Pada bab kedua dari isi buku ini, merupakan penyajian hasil penelitian yang dilakukan dewan perss terhadap kinerja koran yang ada di pulau jawa dengan menggunakan ukuran dengan gagasan teotik yang di bahas pada bab pertama. selanjutnya pada bab ketiga dari buku ini masih mendasarkan pada hasil penelitian dewan perss, tetapi dengan mengambil objek yang lebih dipersempit, yakni hanya pada kasus koran bernas dan kompas dengan menekankan pada dimensi evaluatifnya.

Pada bab keempat dari buku ini menyajikan tulisan dari Menur Adyasasti dan Puji Rianto. tulisan pada bagian ini sedikit profokatif, dan cukup berani dengan mengatakan bahwa praktik jurnalisme kuning mematikan profesionalitas. dengan mendasarkan prinsip - prinsip jurnalisme profesional, yang menekankan pentingnya obyektifitas dalam pemberitaan. selanjutnya pada bab kelima dari buku ini berusaha menyikap bagaimana praktik jurnalisme ketika meliput berita konflik, tulisan ini berdasarkan dari hasil riset penulis pada koran Republika ketika memberitakan konflik antara warga buyat dan newmont minahasa.

Tulisan berikutnya menyajikan isu - isu gender dalam pemberitaan, dengan menggunakan analisis wacana kritis Fairclough, penulis berusaha menghadirkan bagaimana korban pemerkosaan dihadirkan dalam realitas media. dan pada bab selanjutnya berusaha melihat sisi lain dari koran kuning, yakni pada kukuatan foto dalam menarik minat pembaca.

Dan pada bab tekahir buku ini, berusaha menyoroti kinerja perss lokal dalam konteks otonomi daerah. tulisan yang terakhir ini berusaha memaparkan beberapa hal : Pertama Penulis berusaha menempatkan persoalan kinerja media dalam perspektif politik dimana demokrasi akan berjalan baik jika ditopang oleh kinerja media yang profesional. dan yang Kedua yaitu tulisan ini berusaha menguji bagaimana profesionalitas para kerja media akan sangat menentukan kualitas demokrasi.

NB : Bagi anda yang ingin membaca Buku ini dan berniat untuk meminjamnya, untuk keperluan akademis ataupun keperluan lainnya,silahkan kunjungi :
Perpustakaan Rumah Sinema Dengan Alamat :
Jl Menur 18 Baciro Yogyakarta
Contac Person "Perpustakaan Rumah Sinema : Arief 085292730789"
Dan kami masih banyak menyediakan koleksi Buku dalam bidang Komunikasi dan Analisis Media lainnya.

3 komentar:

  1. pengen pinjam tapi jauh ya, saya di jakarta, perlu bukunya buat kebutuhan penelitian saya. cuman jauh ya di jogja dan saya di jakarta.

    BalasHapus
  2. mas, apakah ada tersedia di online gitu. aku ada butuh buku tersebut untuk keperluan penelitian. saya sudah cari di lapak online tapi tidak ada. mungkin bisa membantu di mana saya bisa mendapatkan buku tersebut. terima kasih

    BalasHapus
  3. mas, apakah buku ini masih dijual?. saya kepengen sekali untuk membeli bukunya untuk keperluan skripsi. soalnya saya susah sekali untuk mendapatkan bukunya. mungkin bisa membantu, terima kasih

    BalasHapus