Selasa, 12 Oktober 2010

Teori Sosial Radikal

Tentunya anda tidak asing lagi dengan Teori - teori sosial, terutama Teori Kritis yang biasa juga disebut dengan Mazhab Frankfrut. Teori Kritis dari Frankfrut menawarkan pendekatan multidisipliner untuk teori sosial yang menggabungkan prespektif - prespektif yang bersumber dari Ekonomi Politik, sosiologi, Teori Kebudayaan, Filsafat, Antropologi, dan Sejarah. Teori Kritis bermula dari "kecemasan" akan zaman pancaroba akibat industrialisasi awal, mencoba menggambarkan sosok manusia, baik sebagai individu maupun sebagai entitas budaya dengan pisau analisis yang menggunakan paradigma yang berbeda dengan penelitian sosial tradisional.
Dalam buku Teori Sosial Radikal yang di tulis oleh Douglas Kellner, penulis berusaha melakukan kritik terhadap teori sosial yang berbasis Marxixme. dalam beberapa artikel yang ditulisnya dan dirangkum dalam buku ini, penulis ingin menegaskan bahwa krisis dalam ilmu sosial, termasuk Mazhab Frankfrut harus bisa di atasi dengan sebuah bangunan teoritik baru yang lebih radikal. dalam buku ini Kellner melirik potensi pengembang Teori Sosial Radikal itu pada Engels, yang selama ini diabaikan, seolah - olah ia hanyalah "sahabat baik" dari Karl Marx. padahal faktanya, Engels justru lebih awal mencium ketidak beresan dalam masyarakat industri daripada Marx, justru karena Engels hidup dalam lingkungan masyarakat industrial yang baru tumbuh, yang melahirkan ketimpangan, kemiskinan di satu sisi,dan borjuasi disisi lain.

Berhasilakah Kellner, yang berusaha merekomendasikan Engels untuk membangun Teori Sosial Radikal????? Apabila anda penasaran dengan jawabannya, silahkan anda membaca buku ini secara lebih detail lagi. Dan buku ini juga akan membantu anda untuk mempertajam analisis anda mengenai Teori Kritis Karl Marx yang selama ini masih diragukan dan masih menyebabkan banyak ketidak pastian dalam bidang Teori Sosial dan telah menginspirasikan debat sengit mengenai hakikat, metode dan tujuan Teori Sosial.

NB : Bagi anda yang ingin membaca Buku ini dan berniat untuk meminjamnya, untuk keperluan akademis ataupun keperluan lainnya,silahkan kunjungi :
Perpustakaan   Rumah Sinema Dengan Alamat :
Jl Menur 18 Baciro Yogyakarta
Contac Person "Perpustakaan  Rumah Sinema : Arief  085292730789"
Dan kami masih banyak menyediakan koleksi Buku dalam bidang Komunikasi dan Analisis Media lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar